Perbandingan Xiaomi Black Shark Helo dan Black Shark


Xiaomi Black Shark Helo dan Black Shark merupakan besutan dari Xiaomi yang dibuat dengan konsep smartphone untuk gaming. Xiaomi seri Black Shark Helo ini merupakan pengembangan inovasi dari Xiaomi Black Shark pertama. Artikel ini akan membahas perbandingan dari kedua seri ini yang diluncurkan pada tahun 2018 dengan selisih waktu hanya 6 bulan saja. Berikut ini detail Perbandingan Xiaomi Black Shark Helo dan Black Shark dari beberapa spesifikasi. 


Perbandingan Xiaomi Black Shark Helo dan Black Shark

Ditinjau dari performa dan kapasitas RAM dan ROM

Xiaomi seri Black Shark Helo dan seri Black Shark memiliki performa yang sama dilihat dari urusan dapur pacunya karena keduanya di dukung dengan chipset Qualcomm Snapdragon 845.
Xiaomi seri Black Shark Helo hadir dengan tiga pilihan RAM sebesar 6GB, 8GB dan 10GB disertai dengan dua pilihan ROM sebesar 12GB dan 256GB, sedangkan seri Black Shark hadir dengan dua pilihan RAM yaitu 6GB dan 8GB, dengan dua pilihan ROM 64GB dan 128GB.
Ditinjau dari performa dan kapasitas memori yang dimiliki bisa dikatakan bahwa seri Black Shark Helo jauh lebih kuat meskipun tanpa adanya perubahan chipset namun seri Black Shark Helo didukung dengan kapasitas RAM yang lebih besar yaitu 10GB.

Ditinjau dari resolusi layar

Xiaomi seri Black Shark Helo hadir dengan ukuran layar 6,01 inci dengan resolusi 1080 x 2160, sedangkan  Xiaomi seri Black Shark hadir dengan ukuran layar 5,99 inci dengan resolusi 1080 x 2160. Berdasarkan ukuran layar memang Xiaomi seri Black Shark Helo memiliki ukuran yang sedikit lebih besar, namun resolusi layar kedua smartphone ini sama.


Ditinjau dari desain penampilan

Secara tampilan kedua smartphone ini tetap menampilkan ciri khasnya sebagai smartphone gaming. Penampilan Xiaomi Black shark helo hadir dengan ukuran 160 x 75.5 x 8.7 mm, sedangkan Black Shark hadir dengan ukuran 161.6 x 75.4 x 9.3 mm.
Kedua smartphone ini masih menggunakan layarbezel less tanpa adanya notch hampir sama dengan Iphone X. Berdasarkan penampilan desain dan ukuran sebenarnya tidak ada perubahan yang signifikan, hanya ada sedikit pengurangan ukuran dimana Xiaomi Black shark helo sedikit lebih kecil.

Ditinjau dari fitur pendingin

Xiaomi seri Black Shark Helo sudah dilengkapi dengan sistem pendingin berbasis Vapor Chamber, sedangkan seri Black Shark dilengkapi dengan sistem pendingin berbasis Liquid Cooling. Berdasarkan perbandingan sistem pendingan pada kedua seri ini, seri Black Shark Helo menggunakan sistem yang lebih modern.

Ditinjau dari kapasitas baterai

Kedua smartphone ini memiliki kapasitas baterai yang sama yaitu 4000mAH. Keduanya juga sudah dilengkapi dengan fitur fast charging 3.0. berdasarkan kapasitas baterai keduanya sama persis dan memiliki daya tahan baterai yang standar atau cukup baik untuk kategori smartphone gaming.


Ditinjau dari harga

Xiaomi seri Black Shark Helo dibandrol dengan harga 7 jutaan untuk RAM berkapasitas 6GB dan 7,7 jutaan untuk RAM berkapasitas 8GB, sedangkan Xiaomi seri Black Shark dibandrol dengan harga 6,6 jutaan dengan RAM berkapasitas 6GB dan 7,8 jutaan untuk RAM berkapasitas 8GB ditambah dengan ROM berkapasitas 128GB. Secara harga kedua smartphone ini tidak berbeda jauh, harga yang ditawarkan tentunya sesuai dengan spesifikasi yang dibawa.
Xiaomi seri Black Shark Helo ini merupakan pengembangan dari seri Black Shark. Secara spesifikasi tidak terlalu banyak perubahan, dari seri sebelumnya namun secara performa asli saat digunakan perlu dicoba secara langsung.

Comments